11 Ciri-ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal

11 Ciri-ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal

BlogPendidikan.net
- Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin yang mempunyai tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan di
sekolah yang dipimpinnya. Kebijakan kepemimpinan pendidikan yang dapat
memberdayakan guru menjadi sangat penting untuk membangun kinerja guru
yang unggul dan produktif.

Pola kepemimpinan kepala sekolah tidak hanya sekadar untuk melaksanakan tugas rutin yang sama saja dari hari ke hari. Kepala sekolah juga memerlukan standar kinerja. Standar kinerja ini bersifat dinamis yang selalu bisa ditingkatkan, sehingga terjadi peningkatan mutu secara berkelanjutan.  
Untuk menjadi kepala sekolah yang ideal berikut ini ada 11 Ciri-ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal yang di rangkum melalui buku Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah karya Mulyasa, sebagai berikut:

1. Fokus pada kelompok

Yaitu kepemimpinan kepala sekolah lebih mengarah pada kelompok-kelompok kerja yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing, tidak hanya fokus pada individu.

2. Melimpahkan wewenang

Kepala sekolah tidak selalu membuat keputusan sendiri dalam segala hal, tapi hanya melakukannya dalam hal-hal yang akan lebih baik jika kepala sekolah yang memutuskan.
3. Merangsang kreativitas

Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja pada dasarnya diperlukan adanya perubahan cara kerja. Seorang pemimpin tidak selayaknya memaksakan ide-ide lama yang sudah terbukti tidak dapat menghasilkan mutu kinerja seperti yang diharapkan.

4. Memberi semangat dan motivasi

yaitu seorang kepala sekolah selalu mendambakan pembaharuan karena tahu bahwa hanya dengan pembaharuan akan dapat dihasilkan mutu pendidikan yang lebih baik. Semua ini dilakukan melalui proses uji coba dan evaluasi secara ketat sebelum diadopsi secara luas dalam organisasi.
5. Memikirkan program penyertaan bersama

Yaitu seorang kepala sekolah harus mengupayakan adanya kerjasama dalam tim, kelompok, dan unit-unit organisasi. Melalui sistem kerja yang didasari oleh kerjasama tim, kelompok atau unit akan menjadi pemikiran para kepala sekolah.

6. Kreatif dan proaktif

Yaitu kepala sekolah harus selalu bertindak kreatif dan proaktif yang bersifat preventif dan antisipatif. Kepala sekolah tidak hanya mengambil tindakan bila sudah terjadi masalah, namun selalu bertindak kreatif dan proaktif untuk mencegah munculnya masalah dan kesulitan di masa yang akan datang.
7. Memperhatikan sumber daya manusia

Yaitu kepala sekolah perlu memperhatikan guru-guru sebagai sumber daya manusia yang berperan penting dalam pendidikan. Pemberdayaan dilakukan agar kemampuan guru meningkat dari waktu ke waktu.

8. Membicarakan persaingan

Yaitu dalam melaksanakan tugas, kepala sekolah dianjurkan untuk melakukan pembandingan dengan sekolah lain. Kepala sekolah harus selalu berusaha menyamai mutu sekolah lain bahkan senantiasa berusaha untuk melampaui mutu sekolah lain. Apabila kepala sekolah sedang membicarakan mutu sekolah lain dan berusaha untuk menyamai atau melebihi, berarti kepala sekolah sedang membicarakan persaingan.
9. Membangun karakter

Yaitu suatu karakter organisasi tercermin dari pola sikap dan perilaku orang-orangnya. Budaya organisasi juga dijadikan cerminan dalam membangun karakter. Budaya organisasi akan menjunjung tinggi nilai-nilai tertentu yang relevan dengan mutu yang diinginkan oleh organisasi yang perlu dibina.

10. Kepemimpinan yang tersebar

Yaitu seorang kepala sekolah hendaknya tidak berusaha untuk memusatkan kepemimpinan pada diri sendiri, tetapi juga harus menyebarkan kepemimpinan pada orang lain dan menyisakan pada dirinya apa yang harus dipegang oleh seorang pemimpin. Pengambilan kebijakan organisasi tetap berada di tangan kepala sekolah, namun untuk hal-hal yang bersifat operasional atau teknis disebarkan kepada lain sesuai dengan kedudukan dan tugasnya.
11. Bekerja sama dengan masyarakat

Yaitu kepala sekolah senantiasa melibatkan masyarakat dalam penemuan solusi dari suatu masalah yang muncul kaitannya baik dari dalam lembaga itu sendiri maupun di masyarakat supaya dapat diselesaikan secara lebih mudah dan tuntas.

Demikian tulisan ini tentang 11 Ciri-ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Ideal, semoga bermanfaat.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments