Kuota Internet Selama 4 Bulan Dari Kemendikbud, Siswa 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa dan Dosen 50 GB

Kuota Internet Selama 4 Bulan Dari Kemendikbud, Siswa 35 GB, Guru 45 GB, Mahasiswa dan Dosen 50 GB

BlogPendidikan.net
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan pemerintah akan memberikan tunjangan kuota internet untuk sektor pendidikan. Tunjangan kuota internet ini ditujukan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi corona.

Nadiem bilang, tunjangan paket internet akan diberikan kepada siswa, guru, mahasiswa, hingga dosen. Subsidi ini akan diberikan selama empat bulan dari September hingga Desember 2020. 

Untuk rinciannya, murid akan mendapat tunjangan kuota internet sebesar 35 GB per bulan, guru 42 GB per bulan, dan mahasiswa serta dosen sebesar 50 GB per bulan.

Kemendikbud menganggarkan dana sebesar Rp 7,2 triliun untuk subsidi kuota internet PJJ ini. Ada ppula tambahan tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan, termasuk dosen dan guru besar, sebesar Rp 1,7 triliun. Sehingga, total anggarannya adalah Rp 8,9 triliun. 


"Selama ini kami telah melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah. Dan, Alhamdulillah, kami dapat dukungan untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini," kata Nadiem di ruang rapat Komisi IX, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/8). 

"Jadi dengan senang hati saya mengumumkan hari ini, kami mendapat persetujuan anggaran Rp 8,9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru mahasiswa, dosen selama tiga, empat bulan ke depan," lanjut Nadiem. 

Sayangnya, Nadiem tidak merinci kapan tunjangan pulsa akan dicairkan dan bagaiaman subsidi itu akan diberikan. Namun, ia mengatakan bahwa pihaknya telah mendorong agar tunjangan pulsa dan kuota internet bagi siswa, dosen, hingga mahasiswa dan dosen, bisa segera cair. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani karena sudah mengabulkan permintaan Kemendikbud untuk menyediakan anggaran soal tunjangan pulsa dan kuota internet bagi sektor pendidikan. 

"Saya tidak akan berhenti di sini. Alhamdulillah janji saya pulsa tercapai. Tim Kemendikbud saya apresiasi, terutama Ibu Menkeu. Eselon 1 Kemenkeu yang telah bekerja keeas mengamankan anggaran ini dari dana cadangan kita," tutur dia. (*)

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments