Cara Cek Subsidi Gaji BLT 2,4 Juta Untuk Guru Honorer Melalui Akun info.gtk.kemdikbud.go.id

Cara Cek Subsidi Gaji BLT 2,4 Juta Untuk Guru Honorer Melalui Akun info.gtk.kemdikbud.go.id

BlogPendidikan.net
- Cara Cek Subsidi Gaji BLT 2,4 Juta Untuk Guru Honorer Melalui Akun info.gtk.kemdikbud.go.id. 

3 juta guru honorer dari guru honorer dan PTK non PNS sekitar 1,9 juta akan mendapatkan bantuan subsidi gaji (BSU) dari Kemnaker melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) serta sisanya guru agama melalui Kemenag. Lantas bagaimana cara cek BLT guru honorer dan PTK non PNS, simak di artikel ini ya.

Untuk diketahui bantuan ini merupakan pengalihan dari dana BLT BPJS Ketenagakerjaan yang tidak lolos validasi data. Catat bantuan ini tidak hanya diberikan kepada guru honorer tetapi juga pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) non PNS ya.


Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, dana BLT tersebut berasal dari pengalihan penyaluran Bantuan subsidi Upah sebelumnya dimana sebelumnya tidak lolos validasi data.

"Ada sektor lain yang membutuhkan subsidi gaji ini ada guru honorer di Kemdikbud dan Kemenag. Kami akan menyerahkan sisa anggaran yang sudah dialokasikan di kemnaker. Uang ini akan kami serahkan ke bendahara negara," ungkapnya dalam keterangannya belum lama ini.

Rencananya dana ini akan dicairkan di awal November 2020.

Sedangkan rincian pembagian bantuan Rp2,4 juta tersebut, para guru honorer yang mendaftar akan mendapatkan BLT sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan.


Berikut ini syarat penerima BLT Rp2,4 juta bagi guru honorer dan guru agama:

- harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per akhir Juni 2020.
- Bantuan Subsidi gaji diberikan pada guru honorer dan PTK non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah, yang dimaksud adalah subsidi gaji untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.
- penerima bantuan ini adalah PTK yang tidak masuk dalam program kartu prakerja dan Banpres UMKM.
- PTK yang akan mendapatkan BLT adalah yang gajinya dibawah Rp5 juta ke bawah.
- Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021 pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Kemenag.


Berikut cara cek BLT untuk guru honorer dan PTK non PNS dikutip  kanal YouTube Studio KereHore, Rabu 28 Oktober 2020.

Situs ini resmi milik kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud)

INFO GTK adalah Info validasi data guru yang fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing.

Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi:

1. Pastikan menggunakan email yang aktif
2. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain
3. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id. Jika ada tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS. 

Jika Anda masuk daftar calon penerima maka tampilannya akan seperti di bawah ini:


Dalam daftar tersebut tercantum nama bank penyalur misalnya BRI namun di dalam tabulasi tersebut belum ada nama cabang banknya dan nominalnya belum tertera. Kabar gembiranya SKnya sudah terbit berupa data SK tunjangan insentif selama 12 bulan pencairan.


Bagi Anda yang belum menerima tampilan tabulasi seperti diatas jangan khawatir ditunggu saja satu hingga satu minggu dan cek berkala karena tabulasi ini baru di update pada 27 Oktober 2020 malam. Pihak Kemnaker dikabarkan tengah terus mengupdate pengentrian daftar nama calon penerima BLT tersebut. 

Terima kasih semoga informasi ini bermanfaat

Artikel ini juga telah tayang di ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments