Berikut Bocoran Materi Rekrutmen PPPK Guru Honorer Dari Kemendikbud

Berikut Bocoran Materi Rekrutmen PPPK Guru Honorer Dari Kemendikbud

BlogPendidikan.net
- Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan direncanakan akan dibuka pada tahun 2021 mendatang. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seleksi P3K 2021 tersebut diprioritaskan untuk para guru honorer.

Peluang ini diperuntukan untuk sebanyak satu juta guru honorer dari sekolah negeri maupun swasta. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril, menjelaskan sedikit mengenai mekanisme seleksi satu juta guru P3K 2021.

Seleksi P3K 2021 disebut sedikit berbeda dengan seleksi CPNS. Dalam seleksi CPNS, peserta akan menjalani tiga tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, SKD, dan SKB.

Seperti yang dilansir dari laman Jurnalsumsel pada Sabtu, 28 November 2020 dengan judul artikel ‘Jelang Seleksi Penerimaan Guru PPPK 2021, Simak Beberapa Materi Tes untuk Guru Honorer’, seleksi P3K 2021 hanya menjalani dua tahapan yaitu seleksi administrasi dan SKB.

Iwan Syahril mengatakan menteri yang diujikan yakni tentang kemampuan guru baik dari sisi pengetahuan maupun kemampuan mengajarnya.

"Ini SKB-nya enggak sulit-sulit amat karena bersentuhan langsung dengan rutinitas guru. Yang utama perkuat content-nya dan pedagogi," ucap Iwan, seperti dilansir Jurnal Sumsel dari situs resmi Kemendikbud.

Iwan menambahkan, guru yang bersangkutan harus paham betul dengan isi materi bahan mengajarnya terutama untuk para guru mata pelajaran (mapel).

“Pada dasarnya, seorang guru mapel harus menguasai teoritisnya dan bagaimana mengajarkan kepada siswa agar lebih mudah dipahami. Guru yang benar-benar melakukan tugas fungsional, akan bisa dengan mudah mengikuti SKB-nya,” kata Iwan.

Sebelum seleksi, Kemendikbud akan memberikan materi pembelajaran agar siap menghadapi tes nanti. Materi akan diberikan secara online dan gratis. Diharapkan para guru honorer bisa memanfaatkan dan terus mengasah kemampuannya.

"Guru harus terus belajar dan belajar karena ilmu pengetahuan itu terus berkembang. Jangan pernah takut menghadapi ujian. Jangan pernah takut juga berkompetisi sebab semua guru punya peluang sama dan pasti bisa," sambungnya.

Dia juga mengharapkan pemda segera mengajukan usulan formasi kebutuhan guru P3K sebelum 31 Desember 2020.

"Kami memanggil seluruh guru honorer ikut seleksi P3K 2021. Ada banyak kesempatan dan peluang untuk mengisi formasi tersebut. Dengan menjadi guru P3K, kesejahteraan meningkat dan tidak ada lagi yang gajinya di bawah Rp 500 ribu per bulan," tandasnya.

Dia juga berharap, pemda bisa memanfaatkan seleksi 2021 untuk bisa mensejahterakan guru-guru honorer yang ada di seluruh Indonesia.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments