Contoh Format Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa dan Bentuk Penilaiannya

Contoh Format Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa dan Bentuk Penilaiannya

BlogPendidikan.net
- Penilaian kompetensi pengetahuan atau kognitif  adalah penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur tingkat pencapaian atau penguasaan peserta didik dalam aspek pengetahuan yang meliputi ingatan atau hafalan, pemahaman, penerapan atau aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. 

Seorang pendidik perlu melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan  penilaian terhadap pengetahuan tersebut dapat juga digunakan sebagai pemetaan kesulitan belajar peserta didik dan perbaikan proses pembelajaran.

Ada 3 Bentuk Penilaian Kompetensi Pengetahuan Adalah :

1. Tes Tertulis

Tes tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merepon dalam bentuk menulis jawaban, tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain. 

Ada 2 bentuk soal tes tertulis, yaitu :

1. Memilih jawaban, yang dibedakan menjadi : 

a. Pilihan ganda 
b. Dua pilihan (benar-salah, ya-tidak) 
c. Menjodohkan,
d. Sebab-akibat

2. Menyerupai jawaban, dibedakan menjadi :

a. Isin atau melengkapi,
b. Jawaban singkat, 
c. Uraian.

2. Tes Lisan

Tes bentuk lisan adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi, terutama pengetahuan. Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru secara ucap (oral) sehingga peserta didik merespons pertanyaan tersebut secara ucap juga, sehingga menimbulkan keberanian. Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf yang diucapkan.

3. Penugasan

Penugasan adalah penilaian yang dilakukan oleh pendidik yang dapat berupa pekerjaan rumah dan atau proyek baik secara individu ataupun kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya. Dan dalam pemberian tugas kepada peserta didik, hendaknya ditentukan lama waktu
pengerjaannya.

Contoh Format Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa >>> LIHAT DISINI

Penjelasan Lengkap Contoh Format, Instrumen dan Rubrik Penilaian Kompetensi Pengetahuan >>> LIHAT DISINI

Demikian artikel ini semoga bermanfaat buat Anda, dana jangan lupa berbagi. Terimakasih.

Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments