Kriteria Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif dan Disenangi Para Guru

Kriteria Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif dan Disenangi Para Guru

BlogPendidikan.net
- Dalam melaksanakan fungsi kepemimpinannya kepala sekolah harus melakukan pengelolaan dan pembinaan sekolah melalui kegiatan administrasi, manajemen dan kepemimpinan yang sangat tergantung pada kemampuannya. 

Sehubungan dengan itu, kepala sekolah sebagai supervisor berfungsi untuk mengawasi, membangun, mengoreksi dan mencari inisiatif terhadap jalannya seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah. 

Di samping itu kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan berfungsi mewujudkan hubungan manusiawi (human relationship) yang harmonis dalam rangka membina dan mengembangkan kerja sama antar personal, agar secara serempak bergerak ke arah pencapaian tujuan melalui kesediaan melaksanakan tugas masing-masing secara efisien dan efektif.


Oleh karena itu, segala penyelenggaraan pendidikan akan mengarah kepada usaha meningkatkan mutu pendidikan yang sangat dipengaruhi oleh guru dalam melaksanakan tugasnya secara operasional. Untuk itu kepala sekolah harus melakukan supervisi sekolah yang memungkinkan kegiatan operasional itu berlangsung dengan baik.

Melihat pentingnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengawasan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, maka usaha untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah bagi kepala sekolah. Karena kegiatan berlangsung sebagai proses yang tidak muncul dengan sendirinya. 


Pada kenyataannya banyak kepala sekolah yang sudah berupaya secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu caranya memotivasi para guru-guru akan memiliki kinerja lebih baik tapi hasilnya masih lebih jauh dari harapan.

Berikut 10 Kriteria kepemimpinan Kepala Sekolah yang efektif dan tentunya disenangi para guru, diantaranya :
  1. Mampu memberdayakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran yang baik, lancar, dan produktif.
  2. Dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat waktu.
  3. Mampu menjalin hubungan antar sesama guru dan tenaga kependidikan serta pegawai kependidikan
  4. Mampu menjalin hubungan baik dengan para siswanya
  5. Mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, melibatkan masyarakat secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan
  6. Berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan guru dan pegawai lain di sekolah.
  7. Mampu mempersiapkan segala kelengkapan Administrasi kepala sekolah
  8. Selalu memberikan motivasi di antara kalangan guru untuk meningkatkan kompetensi
  9. Bekerja dengan tim manajemen
  10. Berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Itu dia 10 kriteria Kepala Sekolah yang efektif dalam menjalankan tugas dan disenangi oleh para guru. Terima kasih. dan jangan lupa untuk berbagi jika artikel ini bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments