Update, Cara Penyusunan LKPD Yang Sesuai Kaidah dan Materi di RPP

Update, Cara Penyusunan LKPD Yang Sesuai Kaidah dan Materi di RPP

BlogPendidikan.net
- Pada artikel sebelumnya tentang komponen apa saja yang terdapat pada LKPD yang menjelaskan komponen atau bagian-bagian dari LKPD, kali ini BlogPendidikan.net akan menjelaskan bagaimana cara meyusun LKPD agar sesuai dengan materi dan RPP.

Agar guru dapat dengan cepat menyusun atau mengembangkan LKPD maka perlu disajikan petunjuk penyusunan. Untuk menyusun LKPD yang pertama kali harus diperhatikan adalah kegiatan pembelajaran utama apa yang ada di silabus pada setiap kompetensi dasar atau indikator. Dari kegiatan utama tersebut selanjutnya perlu diidentifikasi bahan apa yang akan menjadi objek sebagai fokus dari kegiatan tersebut. Selanjutnya perlu diidentifikasi pula perlu tidaknya alat atau sumber yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan utama.

Berikut cara penyusunan LKPD agar sesuai dengan materi dan RPP :

1. Memberi Judul

Oleh karena dalam satu semester dimungkinkan terdapat beberapa LKS, maka pemberian Judul LKPD menjadi penting. Dengan adanya judul LKS, maka dapat menjadi penciri dari LKS-LKPD yang lain. Judul LKPD hanya berisi kata atau kalimat yang dapat menggambarkan isi kegiatan dari LKPD ini. Seperti misalnya, Judul LKPD “Penentuan Tipe Iklim Koppen” atau “Pelestarian Hutan” dll.

2. Menyusun Pendahuluan

Setelah selesai membuat pertanyaan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun pendahuluan. Pendahuluan disini pada prinsipnya untuk memberi gambaran singkat kegiatan apa yang akan dilakukan oleh siswa dengan LKPD ini. Oleh karena itu, maka dalam pendahuluan tidak perlu terlalu bertele-tele, melainkan hanya memberi pengantar, menguraikan manfaat, atau mencantumkan tujuan apa yang akan diperoleh dari LKPD ini. Jadi isi pendahuluan ini cukup 2 atau 3 paragraf saja.

3. Menulikan kompetensi dasar ( KD ) yang terdapat di RPP, yang memuat kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan

4. Menuliskan indikator pembelajaran pencapaian kompetensi ( KD ) (sebaiknya 2 indikator) pada pencapaian indikator KD

5. Menuliskan Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran yang berisikan tujuan yang ada para rencana pembelajaran yang telah di susun oleh guru.

6. Menyusun Dasar Teori

Dasar teori berisikan materi pada pembelajaran yang sesuai materi yang diajarkan melalui RPP. Dasar teori berisi penjelasan singkat tentang materi yang akan mereka kerjakan sebagai dasar acuan dalam menyelesaikan kegiatan yang ada di LKPD nanti.

7. Menyusun rincian kegiatan

Oleh karena rincian kegiatan merupakan inti dari LKPD, maka langkah yang pertama adalah menyusun rincian kegiatan. Kegiatan yang harus dilakukan siswa terdiri dari perintah-perintah yang jelas dan terdiri dari beberapa perintah yang dituliskan secara terperinci dan urut berdasarkan kronologis. 

Apabila rincian kegiatan terdiri dari 6 (enam) kegiatan, maka harus ditulis menjadi kegiatan 1, 2, 3 sampai 6. Keenam rincian kegiatan tersebut haruslah merupakan langkah kegiatan yang berurutan secara kronologis.

8. Menuliskan bahan/alat/sumber

Setelah merumuskan rincian kegiatan maka langkah selanjutnya adalah menuliskan bahan, alat, dan sumber, Dengan memperhatikan perintah-perintah yang ada dalam rincian kegiatan, maka dengan mudah kita dapat mengetahui bahan, alat, dan sumber yang diperlukan. Seperti misalnya pada rincian kegiatan pertama di atas tertulis “Amati tabel kepadatan penduduk yang telah disediakan”. Ini berarti bahwa LKPD ini memerlukan bahan berupa tabel kepadatan penduduk suatu daerah. Demikian juga pada rincian kegiatan ketika berbunyi amati peta indonesia, hal ini berarti LKPD ini memerlukan bahan berupa peta indonesia. 

Dengan demikian kita bisa menulis bahan dalam LKPD ini adalah tabel kepadatan penduduk dan peta indonesia. Setelah bahan dapat di rumuskan, maka selanjutnya menentukan alat. Kembali kita perhatikan bunyi rincian kegiatan yang sudah ada dalam rincian kegiatan nomor 2 tertulis “Tandai dengan bolpoin berwarna”. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD ini memerlukan Alat berupa bolpoin berwarna. Maka kita dapat menuliskan pada bagian alat yaitu bolpoin berwarna. Sedangkan yang terakhir adalah menentukan ada tidaknya sumber belajar. Seperti yang sudah disajikan sebelumnya bahwa sumber adalah segala sesuatu di mana terdapat bahan. Dengan memperhatikan bunyi rincian kegiatan nomor 3 yang berbunyi amati peta indonesia yang terdapat dalam atlas halaman 10, makanan dapat ditetapkan bahwa LKPD ini memerlukan sumber yaitu atlas.

9. Menyusun pertanyaan

Setelah menetapkan bahan alat dan sumber, maka langkah selanjutnya adalah menyusun pertanyaan. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa pertanyaan yang akan Ditulis di komponen ini bukan merupakan soal-soal tes yang tujuannya untuk mengukur tingkat pemahaman siswa akan tetapi berupa pertanyaan yang menuntut jawaban dari hasil siswa melakukan rincian kegiatan. Oleh karena itu untuk merumuskan pertanyaan, maka kita harus melihat kembali bunyi dari rincian kegiatan. Dari contoh rincian kegiatan sebelumnya kita cari pertanyaan apa yang harus dilontarkan sehingga jawabannya berupa hasil dari kegiatan yang telah dilakukan siswa.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ohh iya, LKPD ini bisa juga diterapkan saat pembelajaran daring. Terimaksih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments