Langkah-langkan Penyususnan Prota dan Promes, Alokasi Waktu Beserta Contohnya

Langkah-langkan Penyususnan Prota dan Promes, Alokasi Waktu Beserta Contohnya

BlogPendidikan.net
- Pembelajaran adalah perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan belajar. Pembelajaran sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar.

Kegiatan pengajaran merupakan suatu kegiatan yang didasari dan direncanakan. Pembelajaran merupakan suatu system yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Pembelajaran yang baik akan tercapai apabila disertai dengan perencanaan pengajaran sebagai acuan dalam mengajar. Perencanaan pembelajaran mempunyai peranan penting dalam memandu guru melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki rencana pembelajaran karena perencanaan tersebut adalah fungsi pedagogi yang penting untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran dan mungkin sekali untuk memotivasi guru.

Pengertian Program Tahunan (PROTA)

Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar pengajaran yang hendak dicapai dalam dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran. Program tahunan adalah program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. 

Mulyana menyatakan bahwa program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Namun melihat kondisi di sekolah dasar yang pada umumnya sebagai guru kelas bukan guru mata pelajaran, maka program tahunan dibuat oleh guru kelas masing-masing.

Program tahunan perlu dipersiapkan guru sebelum tahun ajaran baru mulai, karena program tahunan dijadikan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni program semester, program modul, program mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan system penilaiannya.

Pengertian Program Semester (PROMES)

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar  mengenai hal-hal yang hendak dicapai dalam satu semester. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan.

Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan, waktu dan keterangan yang berisikan tanggal pelaksanaan. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program tersebut tidak bias disusun sebelum tersusun program tahunan.

Program semester adalah perencanaan yang disusun oleh seorang guru dalam mendistribusikan alokasi waktu untuk setiap bulan di semester satu dan dua. Pendistribusian alokasi waktu di program semester harus menunjuk pada alokasi waktu untuk KD di program tahunan.

Berikut Langkah-langkah dalam Penyusunan Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROMES) :

Langkah-langkah penyusunan Program Tahunan (PROTA) :

1. Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.

2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). 
Hari-hari libur meliputi:
a. Jeda tengah semester.
b. Jeda antar semester.
c. Libur akhir tahun pelajaran.
d. Hari libur keagamaan.
e. Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional.
f. Hari libur khusus.

3. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan  semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matriks yang tersedia.

4. Mendistribusikan  lokasi  waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya  pada minggu  efektif, sesuai  ruang  lingkup cakupan  materi, tingkat kesulitan dan pentingnya  materi tersebut, serta  mempertimbangkan waktu  untuk ulangan  serta review materi.
 
Langkah-langkah penyusunan Program Semester (PROMES):

1. Mengisi kompetensi dasar pada setiap unit berdasarkan pemetaan kompetensi dasar per unit yang telah disusun.

2. Mengisi indikator sesuai dengan kompetensi dasar.

3. Mengisi materi pokok.

4. Mengisi jumlah jam pelajaran setiap unit berdasarkan hasil analisis alokasi waktu yang telah disusun.

5. Membagi jumlah jam pelajaran efektif dalam satu semester.

Di bawah ini beberapa contoh program tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROMES) serta pembagian Alokasi Waktu Pembelajaran. Perlu diingat bahwa yang di muat dalam artikel ini adalah sebagai contoh saja untuk bahan rujukan Bapak/Ibu dalam penyusunan Prota, Promes dan Penentuan Alokasi Waktu.

Contoh Prota, Promes dan pembagian Alokasi Waktu : UNDUH
Prota dan Promes Untuk Jenjang SD : UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan berita terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments