16 Contoh Penulisan dan Pengucapan Kata Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari

16 Contoh Penulisan dan Pengucapan Kata Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari

BlogPendidikan.net
- Bahasa sebagai alat komunikasi utama manusia dalam berbagai kebutuhan perlu dipelajari dan dipahami dengan sungguh-sungguh agar para pemakainya dapat menggunakannya dengan baik dan terhindar dari kesalahpahaman. Kecermatan penggunaan bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan perlu selalu diasah agar tercipta komunikasi yang selaras antara penutur (pembicara) dan mitra tutur (lawan bicara).

Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat Indonesia, baik di instansi pemerintah, lembaga pendidikan, maupun di kalangan masyarakat pada umumnya harus diperhatikan agar komunikasi berjalan lancar.

Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku ialah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kecermatan menggunakan kata baku sangat penting dalam konteks percakapan atau penulisan yang bersifat resmi. Karena pekerjaan sehari-hari pegawai instansi pemerintah kerap berhadapan dengan situasi resmi, penggunaan kata baku harus dicermati lebih dalam. 

Berikut 16 Contoh Penulisan dan Pengucapan Kata Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari beserta pembetulannya:

1. Praktek atau Praktik

Dalam penulisan ataupun pengucapan kata Praktek atau Praktik sering ditemui kesalahan baik pengucapan ataupun penulisan. Yang terbiasa didengar atau dituliskan adalah kata Praktek dan itu salah yang benar adalah kata Praktik.

2. Seksama atau Saksama

Kita biasa mendengar atau membaca kata Seksama atau Saksama, yang sering terdengar atau tertulis adalah kata Seksama padahal itu salah dan yang benar adalah kata Saksama.

3. Dipersilahkan atau Dipersilakan

Kedua penulisan kata Dipersilahkan atau Dipersilakan hampir sama namun ada perbedaan khususnya dalam penulisannya, yang tepat adalah penulisan katanya Dipersilakan tanpa huruf H.

4. Standarisasi atau Standardisasi

Pada poin 4 ini ada kata  Standarisasi atau Standardisasi manakah yang benar dalam pengucapan dan penulisannya? jawabannya adalah Standardisasi. Banyak yang keliru baik dalam pengucapan ataupun penulisan Standardisasi.

5. Obyek atau Objek

Misalnya ditemui tulisan seperti ini "Obyek Wisata" penulisan tersebut adalah salah yang benar adalah "Objek Wisata"

6. Kwitansi atau Kuitansi

Sering kita jumpai baik pengucapannya dan penulisannya salah. Kata Kwitansi atau Kuitansi dalam pengucapan dan penulisan yang benar adalah kata Kuitansi.

7. Karir atau Karier

Kata Karir atau Karier yang benar dalam penulisannya adalah kata Karier.

8. Menghimbau atau Mengimbau

Kata ini juga sering bahkan selalu ditemui kesalahan dalam penulisan ataupun pengucapannya. Yang benar adalah kata Mengimbau.

9. Berhimpitan atau Berimpitan

Berhimpitan atau Berimpitan yang benar adalah kata Berimpitan.

10. Menghembuskan atau Mengembuskan

Contoh kalimat "menghembuskan napas" atau "Mengembuskan Napas" penulisan atau pengucapan yang baku adalah "Mengembuskan Napas"

11. Resiko atau Risiko

Kata ini juga sering dijumpai kekeliruan dalam penulisan dan pengucapannya. Yang seharusnya dan baku adalah kata Risiko bukan Resiko.

12. Frustasi atau Frustrasi

Sepeleh tapi salah dalam pengucapan atau penulisannya, biasanya mengucapkan dengan kata Frustasi padahal yang baku dalam pengucapan adalah Frustrasi.

13. Terlanjur atau Telanjur

Lebih parahnya lagi ternyata selama ini salah dalam penulisan dan pengucapannya, ternyata yang benar adalah kata Telanjur.

14. Terlantar atau Telantar

Sama pada nomor 13 penulisannya atau pengucapannya tanpa huruf "r" yang baku adalah Telantar.

15. Merubah atau Mengubah

Merubah atau Mengubah yang baku dalam penulisan dan pengucapan adalah Mengubah.

16. Jaman atau Zaman

Kamu pasti mendengar istilah, "kids jaman now", deh, yang artinya anak jaman sekarang atau anak masa kini. Pada istilah tersebut, terdapat penulisan kata jaman. Hayo, menurutmu, apakah penulisan kata jaman sudah tepat? Wehehehe... Jangan salah, ya. Penulisan yang betul menurut KBBI adalah zaman, bukan jaman. 

Demikian artikel tentang 16 Contoh Penulisan dan Pengucapan Kata Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments