Update 112 Daerah Kabupaten/Kota Zona Hijau COVID-19

Update 112 Daerah Kabupaten/Kota Zona Hijau COVID-19

BlogPendidikan.net
- Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, hingga saat ini terdapat 112 kabupaten dan kota yang masuk kategori zona hijau. Indikator suatu daerah masuk ke dalam zona hijau ialah tidak ada sama sekali kasus Covid-19 sejak awal. Indikator kedua, daerah yang sempat terdapat kasus Covid-19, namun seluruh pasiennya sembuh dan selama empat pekan tak ada penambahan kasus.

"112 kabupaten kota terdiri dari yang tidak terdampak Covid-19 sama sekali dan yang pernah terdampak namun tidak ada kasus baru (selama empat pekan)," kata Dewi melalui video conference, Kamis (25/6/2020). 


Sebanyak 74 kabupaten dan kota sejak awal tidak terdampak Covid-19. Adapun 38 kabupaten dan kota pernah terdapat pasien positif Covid-19, namun seluruhnya sembuh dan tak ada kasus baru di sana selama empat pekan. 


Mereka berhasil mengubah status dari zona kuning menjadi zona hijau melalui berbagai kebijakan pembatasan sosial. Baca juga: Ini Kabupaten/Kota Zona Kuning Covid-19 yang Berubah Menjadi Zona Hijau.

Berikut daftar 112 daerah yang masuk kategori zona hijau: 

1. Aceh: Pidie Jaya, Kota Sabang, Kota Langsa, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Timur, Kota Subulussalam, Pidie, Aceh Barat Daya, Simeulue, Gayo Lues, Bener Meriah.

2. Sumatera Utara: Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Mandailing Natal, Padang Lawas, Nias, Labuhanbatu Selatan, Kota Sibolga, Nias Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Toba Samosir, Labuhan Batu. 

3. Sumatera Barat: Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Solok 

4. Riau: Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Kota Dumai, Kampar 

5. Jambi: Bungo Tebo, Kerinci 

6. Bengkulu: Lebong, Mukomuko, Seluma 

7. Kepulauan Riau: Karimun, Natuna, Lingga, Kepulauan Anambas 

8. Lampung: Tulang Bawang, Pringsewu, Tulang Bawang Barat, Lampung Timur, Mesuji 

9. DKI Jakarta: Kepulauan Seribu 

10. Jawa Tengah: Wonogiri, Pekalongan   

11. NTB: Kota Bima 

12. Kalimantan Timur: Mahakam Ulu 

13. Sulawesi Tenggara: Muna Barat, Konawe Kepulauan 

14. Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan, Tojo Una-una 

15. Sulawesi Barat: Mamuju Utara, Majene 

16. Sulawesi Selatan: Kota Palopo 

17. Sulawesi Utara: Bolaang Mongondow Timur, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro 

18. NTT: Sumba Tengah, Ngada, Sabu Raijua, Sumba Barat, Lembata, Malaka, Alor, Timor Tengah Utara, Rote Ndao, Manggarai Timur, Kupang, Timor Tengah Selatan, Belu 

19. Maluku: Kota Tual, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, Kepualuan Aru, Pulau Taliabu 

20. Maluku Utara: Buru Selatan 

21. Papua Barat: Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Maybrat, Pegunungan Arfak, Tambrauw, Sorong Selatan 

22. Papua: Mamberamo Tengah, Yahukimo, Mappi, Dogiai, Paniai, Tolikara, Yalimo, Deiyai, Puncak Jaya, Mamberamo Raya, Nduga, Pegunungan Bintang, Asmat, Supiori, Lanny Jaya, Puncak, Intan Jaya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "112 Kabupaten dan Kota Berstatus Zona Hijau, Ini Daftarnya", https://nasional.kompas.com/read/2020/06/25/22044341/112-kabupaten-dan-kota-berstatus-zona-hijau-ini-daftarnya?page=all.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments