Tips Sukses, Lulus Pendaftaran, Ujian CPNS dan PPPK Tahun 2021

Tips Sukses, Lulus Pendaftaran, Ujian CPNS dan PPPK Tahun 2021

BlogPendidikan.net
- Yuk siapkan diri anda sebentar lagi pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 akan dibuka. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memastikan rekrutmen akan dibuka pada akhir Juni 2021. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa pembukaan rekrutmen disertai pendaftaran CPNS dan PPPK akan digelar secara bersamaan.

Ini adalah peluang besar bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) diinstansi yang akan kalian pilih nanti. Dengan kuota yang banyak baik formasi CPNS dan PPPK membuka peluang bagi generasi muda yang akan menitih karir sebagai Abdi Negara. Terkhusunya bagi Guru Honorer sangat berpeluang besar untuk diangkat sebagai ASN PPPK.

Tentunya segala hal telah disiapkan baik pendaftaran dan ujian selekasi nantinya. Berikut beberapa tips sukses saat melakukan pendaftaran dan ujian seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 :

1. Berdoa

Sebagai hamba Tuhan memohonlah berkat dan doa agar dalam proses pendaftaran dan ujian seleksi bisa berjalan dengan baik dan sukses. Mohonlah kepada Tuhan apa yang terbaik untuk masa depan diri kita dan keluarga.


2. Ikhlas dan Berusaha

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas dan berusaha pasti menghasilkan kepuasan tersendiri. Ikhlas dalam arti mengerjakan segala hal terutama mempersiapkan diri untuk ujian CPNS dan PPPK dengan hati yang tulus tanpa terbebani oleh hal yang lain. Berusaha dalam arti pacu diri anda dan optimis, yakin kepada diri anda bahwa anda bisa.

3. Memohonlah Restu dan Doa Orang Tuamu

Restu dan doa dari kedua orang tua itu juga sangat penting, maka mintalah doa restu dari mereka. Bisa jadi doa mereka sebagai pendorong dan penolong harapanmu dan cita-citamu.Persiapkan Segala

4. Persiapkan Perlengkapan dan Dokumen Sebelum Pendaftaran dan Jadwal Tes Tiba

Jangan menunda-nunda waktu beranggapan tiba saat tiba akal, tiba waktunya akan kerepotan mempersiapkan segala perlengkapannya. Semakin kita menunda nunda pekerjaan, maka akan ada begitu banyak pekerjaan yang menumpuk. Al hasil semuanya dilakukan bersamaan dan tidak ada hasil yang maksimal. 

5. Jangan Berpikir Asal Ikut-ikutan Saja Hanya Menguji Nasib

Hal ini adalah yang sering ada di pikiran orang saat mengikuti seleksi cpns. Mengadu nasib tidak akan mengubah anda. Menunggu semua dengan instant jatuh dari awan dan ikut alur hidup anda sendiri. Keluarlah dari zona nyaman ketika ada sesuatu yang ingin kamu kejar. 

6. Bisa Memahami Semua Materi Yang di Uji

Media belajar online banyak ditemui di situs-situs terbaik yang memberikan penjelasan tentang ujian tes CPNS dan PPPK, yang akan memudahkan kita untuk mencari referensi kemudian mempelajarinya dengan baik. Jadi, tidak ada alasan lain lagi jika kamu tidak paham dengan materi yang di uji.

7. Sebisa Mungkin Mengikuti Simulasi CAT & Try Out Online Yang Disedakan

Sudah banyak yang menyediakan simulasi CAT dan Try Out Online. Coba ikuti beberapa website yang menyediakan try out online, dan kurang lebih soal yang diambil berdasarkan tahun tahun dahulu. Jadi, persentase jenis soal pasti akan sama. Di media sosial seperti instagram pun sekarang sudah ada juga akun akun besar untuk persiapan seleksi CPNS dan PPPK. 


8. Konsisten

Harus tetap konsisten. Konsisten artinya setiap hari dilakukan, jangan sehari tidak, besok iya, besok lagi tidak. Kamu harus konsisten untuk mendapatkan sesuatu. Jika tidak konsisten, kamu akan kehilangan dan lupa beberapa materi dan tujuan kamu. Percaya atau tidak, mengulang itu penting dan harus dilakukan hampir setiap hari. Buatlah jadwal yang cukup untuk membuat diri anda lebih teratur lagi.

9. Luangkan Waktumu Untuk Terus Belajar

Sebisa mungkin belajar itu sesuai dengan passion kamu, karena belajar dengan terpaksa itu sangat beda sekali rasanya. Kalau kamu ingin berkecimpung ke dunia ini, maka kamu wajib memahami beberapa hal yang di uji. Latihlah diri anda untuk belajar setiap hari karena itu sangat penting.

10. Lakukan Riset Strategi Cara Tercepat & Tepat Untuk Menjawab Soal

Ada beberapa orang yang pintar menggunakan teknik cepat untuk menjawab soal. Kurang lebih waktu ujian itu singkat, berkisar sekitar 90 – 120 menit. Kalau saya pribadi.

Cara menjawab soal tercepat adalah dengan membaca pertanyaan dahulu baru dibaca pernyataan lalu dilanjutkan dengan opsi jawaban.

Meski beberapa orang ada yang berbeda dari saya, tetap temukan bagaimana kamu menjawab soal dengan cepat. Ini akan membantu menghemat kamu untuk fokus ke mata pelajaran yang lain. Disana waktu akan tetap terus berjalan, jadi hematlah waktu anda sebaik baiknya untuk menjawab soal dengan cepat sekaligus bisa mengkoreksi 2x untuk konfirmasi.

11. Percaya Pada Kualitas di Diri Anda

Kamu harus percaya pada diri sendiri. Kalau kamu saja sudah tidak percaya dengan diri kamu, bagaimana kamu bisa untuk melewati hal ini. Tingkatkan kualitas serta pengetahuan anda mengenai materi, lalu tetap percaya bahwa diri anda bisa untuk melakukan hal ini. Kepercayaan diri akan membantu anda menarik sugesti positif dan akan dipermudah untuk segala urusan yang akan anda hadapi saat ujian CPNS dan PPPK. 

12. Kurangilah Waktumu Untuk Bermain

Seperti waktu bermain juga harus kita tinggalkan untuk meningkatkan fokus kita. Kalau ingin mengejar sesuatu, kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan kebiasaan bermain seperti setiap hari. Ingat bahwa umur kita sudah terlalu tua, dan bukan sudah waktunya lagi untuk bermain. Masih banyak hal hal yang seharusnya kamu kerjakan dan diselesaikan.

13. Fokus

Latihlah fokusmu untuk satu, yaitu lolos CPNS dan PPPK tahun ini. Bukan hanya sekedar omongan, tetapi bukti bahwa kamu sudah menguasai materi yang selama ini kamu pelajari selama ini. Dan anggaplah diri kamu pantas untuk mendapatkan nilai yang tinggi.


14. Tinggalkan Hal-hal Yang Tidak Penting

Lakukanlah hal hal yang penting dan tingalkan sementara hal-hal yang kurang penting. Jangan sampai kamu menginggalkan hal penting demi hal yang tidak penting.

15. Jangan Hanya Sekedar Baca Motivasi

Motivasi itu penting bukan hanya dibaca dan didengarkan, tapi lebih penting untuk dilakukan. Ada banyak pepatah yang mengatakan apa dan bagaimana keadaan kamu sekarang ini tergantung dari apa yang kamu buat setelah melepaskan audio motivasi tersebut.

16. Mulailah Sekarang

Ayo mulailah sekarang siapkan segala sesuatunya, terutama dokumen dan kesiapan diri kamu. Kesehatan terutama harus dijaga agar pada saatnya nanti kamu akan kesegaran dan berpikir lebih fokus.

Itulah bebrapa tips buat kamu yang akan menghadapi ujian dan selekasi CPNS dan PPPK Tahun ini. Tetap semangat apapun hal yang menantang harus terus berjuang demi cita-cita dan kebanggan keluarga. Amin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments