Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022

Jadwal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022 - www.blogpendidikan.net

BlogPendidikan.net
- Kapan seleksi akademik PPG dalam jabatan yang akan mengikuti pretest ujian seleksi akademik, simak jadwalnya pada artikel ini.

Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi PPG 2022 yang diunggah melalui laman ppg.kemendikbud.go.id. Selain hasil seleksi administrasi, Kemendikburistek juga telah mengumumkan informasi selesai akademik PPG Dalam Jabatan 2022.
Mengutip informasi situs ppg.kemdikbud.go.id, Rabu (9/3/2022), dari hasil seleksi administrasi yang dilakukan secara online melalui aplikasi SIMPKB, ada 391.350 guru yang dinyatakan lulus. Hasil pengumuman dapat dilihat di situs resmi atau lewat akun SIMPKB masing-masing pendaftar.
Guru yang telah dinyatakan lulus administrasi selanjutnya dapat mengikuti seleksi akademik sesuai jadwal. Namun sebelumnya, guru yang dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG 2022 perlu melakukan pemutakhiran nomor telepon seluler (WhatsApp), pas foto, serta tautan belajar.id pada profil SIMPKB masing-masing.

Nantinya, seleksi akademik akan dilaksanakan secara online berbasis domisili. Untuk mengetahui jadwal persiapan dan pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022, berikut ini informasi lengkapnya :
  • Cetak kartu peserta seleksi akademik : 12-13 Maret 2022
  • Koordinasi peserta dengan pengawas (melalui grup WhatsApp) : 14 Maret 2022
  • Instalasi mandiri oleh peserta : 14 Maret 2022
  • Uji Coba Aplikasi : 15-27 Maret 2022
  • Seleksi akademik (online domisili) : 16-30 Maret 2022
Untuk diketahui, program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D-IV Non Kependidikan yang memiliiki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sehingga sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.
Program ini diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti kualifikasi di bawah standar dan guru-guru yang kurang kompeten. Terlebih, di era revolusi industri 4.0, guru diharapkan memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran inovatif dan menyenangkan.

Selain itu, para guru diharapkan bisa mengintegrasikan critical thinking dan problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

PPG Dalam Jabatan juga dirancang agar mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada calon guru profesional, melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

Informasi selengkapnya mengenai program PPG selanjutnya dapat dipantau melalui laman PPG dari Kemendikbud maupun akun SIMPKB masing-masing.

liputan6.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments