Pasar dan Mall Buka 8 Juni, Sekolah Mulai 15 Juni 2020

Pasar dan Mall Buka 8 Juni, Sekolah Mulai 15 Juni 2020

Foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan diperbancangkan di jagat maya. Foto tersebut menunjukan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor. Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan,

foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19. 
"Yang beredar di masyarakat tersebut merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan  Pemerintah menjelang, selama dan pasca Pandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Lebih lanjut, Susi menjelaskan kajian dilakukan pemerintah sebagai langkah antisipasi melakukan upaya-upaya yang diperlukan pasca pandemi Covid-19. Saat ini, Kemenko Perekonomian disebut tengah melakukan pembahasan dengan berbagai kementerian dan lembaga lain untuk mematangkan kajian tersebut. 
"Dalam waktu dekat Kemenko Perekonomian akan melakukan finalisasi atas Kajian tersebut, dan akan disampaikan kepada masyarakat," ucapnya.

Berikut isi kajian awal Kemenko Perekonomian tersebut:

1. Fase pertama, yang dilakukan pada tanggal 1 Juni 2020 ialah membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing. 
2. Fase kedua yakni pada tanggal 8 Juni 2020, toko, pasar, dan mall diperbolehkan beroperasi kembali. 
3. Fase ketiga 15 Juni 2020, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian. 
4. Fase empat 6 Juli 2020, difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah. 
5. Fase lima 20 Juli dan 27 Juli 2020 evalusi fase 4 dan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal.

Sumber; kompas.com

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments